Kamis, 09 Juni 2011

Tips menghilangkan stress bagi mahasiswa

Terkait dengan postingan saya yang membahas Tips untuk Meningkatkan IPK, kali ini saya akan mencoba untuk membahasa Tips untuk mengatasi Stress pada masa perkuliahan. Sekali lagi saya katakan, IMHO, saya bukan ahli dalam masalah ini, tapi mencoba sharing dengan teman2 lain , dan berfikir dalam sudut pandang mahasiswa biasa seperti saya.

Yah permasalahan stress ketika kuliah memang bisa dibilang permasalahan klasik, ketika Nilai-nilai kita jatuh, ketika sulit untuk mengikuti materi kuliah, ketika sibuknya mengatur waktu (bagi yang aktivis), tuntutan dari Orangtua (Alhamdulillah saya punya ortu yang tidak memaksakan kehendak mereka pada anak-anaknya, Thanks Mom and Dad, Love u so much), dll.

Tidak sedikit mahasiswa yang mengatasi masalah ini dengan cara2 yang justru malah merusak mereka. Narkoba lah., Dugem lah (Gua anti dugem bro), atau apalah yang bisa menjerumuskan kita dan tubuh kita, dll.

Nah berikut ini tips-tips yang mungkin sedikit banyak bisa meringankan gejala stress yang mungkin “diderita” teman-teman.

1. Cobalah untuk Terbuka dengan pergaulan yang positif, dalam artian ke dalam pergaulan yang bisa mengarahkan kita ke arah lebih baik. Yah ibaratnya dengan perumpaan tukang parfum dan tukan pandai besi deh (gak usah diceritain panjang lebar kan?).

2. Cobalah untuk sharing dengan sahabat/teman yang kamu percaya, sikap introvert (tertutup) terkadang gak bagus untuk masalah ini.

3. Pergilah ke sejenak ke tempat-tempat yang bisa merilekskan fikiran, entah ke mall, nonton bioskop, ke toko buku, atau sejenak berwisata (ingat ya sejenak, jangan lama2 looh).

4. Pola makannya yang teratur ya (hehe padahal saya sendiri, pola makannya gak teratur, ya sedang mencoba laaahhh :-) )

5. Konsultasilah dengan dosen pembimbing, mintalah saran dan nasehat beliau. Sebagai seorang pembimbing mahasiswa, pasti beliau pernah menangani “kasus klasik” seperti stress pada saat kuliah. Saya yakin sesibuk apapun seorang dosen pembimbing, pasti mereka akan memberikan waktunya untuk mahasiswanya.

6. Jangan malu untuk mengajak belajar bareng, suasana inilah yang saat2 ini jarang terlihat di lingkungan mahasiswa. Untungnya anak2 di kelas saya anaknya kompak (Love you Ilkom A UGM 2006), sekali belajar bareng bener2 masuk ilmunya. Ada matakuliah yang sangat sulit saya pahami, tapi berkat belajar bareng , Alhamdullah saya dapet A di nilai akhirnya. Dengan belajar bareng maka kekurangan kita akan ditutupi oleh kawan2 kita, dan kelebihan kita dapat kita sebarkan ke kawan2 kita.

7. Mintalah doa orang tua (jika masih ada), doakan agar diberi ketenangan olehNya dalam menjalani perkuliahan. Dan jaga hubungan baik dengan orangtua kita, kalo ortu dah ridho ma kita, pasti hati kita akan tenang, Percaya deh.

8. Tentu saja jangan lupa berdoa kepada Allah SWT, karena Dia lah Zat Yang Maha Agung, yang memberikan cobaan bagi setiap umat manusia , dan mintalah agar diberikan ketegaran hati.Yakinlah bahwa Tuhan tidak akan memberikan cobaan melebihi apa yang hambaNya sanggupi.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 mantocoy Seo Elite by BLog BamZ | Blogger Templates